SEKILAS INFO
05-08-2021
  • 3 tahun yang lalu / Jl. Segaluh Barat RT.01 RW.04 Kec.Dampit 65181 Kab.Malang Jatim Indonesia
  • 4 tahun yang lalu /
20
Mar 2021
0
Menjadi Madrasah Berkualitas dengan Akreditasi

Pendidikan menjadi tombak kemajuan sebuah bangsa. Bangsa yang hebat akan menghasilkan generasi yang intelektual, bukan hanya mengenai kuantitas tetapi juga kualitasnya. Seiiring berjalannya waktu banyak sekali lembaga pendidikan  berlomba-lomba untuk menghasilkan lulusan yang kompeten. Oleh karenanya, lembaga pendidikan harus mendapatkan penilaian baik atau akreditasi minimal B agar diakui   masyarakat. Salah satunya adalah lembaga pendidikan berbasis pondok yang berada dalam naungan Yayasan Pondok Pesantren Nasruddin Dampit. Masyarakat lebih mengenal lembaga ini dengan sebutan MANASDA (MA  NASRUDDIN) yang setara dengan SMA. Saat ini MANASDA memperoleh akreditasi B, hal itu didapatkan pada tahun 2016. Pada tahun 2021, MANASDA akan melaksanakan akreditasi kembali dan berharap mendapat A. Maka pada hari Rabu, 17 Maret 2021, MANASDA mengadakan pembinaan akreditasi dari pengawas.

Menjadi Madrasah Berkualitas dengan Akreditasi

Kegiatan akreditasi bertujuan mengembangkan dan mengubah sistem di lembaga pendidikan menjadi lebih baik, serta guna memenuhi standar nasional dan berkualitas. Namun, dalam kegiatan ini tidak semudah yang dibayangkan. Karena banyak tugas yang harus dikerjakan, baik individu ataupun kelompok. Banyak faktor yang dinilai dalam kegiatan akreditasi, salah satunya adalah komponen mutu kelulusan. Karakter peserta didik menjadi tolok ukurnya. Kedisipilinan dalam berbagai situasi sangat dibutuhkan seperti waktu, berpakaian, dan atribut. Kemudian  mengenai proses pembelajaran, mutu guru, manajemen madrasah atau sekolah, dan tenaga kependidikan juga menjadi fokus penilaian akreditasi.

Menjadi Madrasah Berkualitas dengan Akreditasi

Maka, sebelum kegiatan akreditasi harus ada persiapan yang matang dan disertai bukti fisik yang lengkap. Manajemen yang baik dan bagus akan mengantarkan sekolah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak di situ saja, pembekalan dan  pembinaan dari pengawas sangat dibutuhkan. Tanpa ada bimbingan, kegiatan akreditasi tidak akan berjalan dengan baik. Pak Sugeng Hariono, M.Pd, selaku pengawas MANASDA menyampaikan bahwa kerja tim sangat diperlukan untuk menyukseskan kegiatan akreditasi. Jadi, dengan sinergi dari semua pihak dan segala potensi yang ada, baik dari SDM, sarana prasarana, serta pembinaan dari bapak pengawas, lembaga pendidkan MANASDA optimis akreditasi tahun 2021 akan mendapatkan predikat A.

 

 

Penulis : Wahyu Nur Hidayah, S.Pd

Poto oleh : Arif Fathur, S.E

Publisher : M. Khoiruddin, S.T

 

 

Teknologi Informatika
11 Jul 2017

Teknologi Informatika